Peran Masyarakat dalam Mendukung Revitalisasi Kawasan Transmigrasi Berbasis Pentahelix

Penulis

  • Jumiatun, S.E., M.M. Analis Kebijakan
  • Mohammad Ihsan, S.E., M.M. Perencana
  • Jaenudin, S.E., M.Si. Analis Kebijakan
  • Eka Putri Kusumawardani, S.S., M.Si. Perencana
  • Awanda Sentosa, S.T., M.Si. Analis Kebijakan
  • Farida Yustina Noer Fathoni Putri, S.H., M.H. Penggerak Swadaya Masyarakat
  • Dr. Ahmad Ihwanul Muttaqin, M.Pd.I. Ketua LPPPM Institut Agama Islam Syarifuddin Wonorejo Lumajang

Kata Kunci:

budaya, ekonomi, lingkungan, pentahelix, peran masyarakat, sosial, transpolitan

Abstrak

Program pengembangan kawasan transpolitan merupakan inovasi pembangunan transmigrasi baru untuk mendukung perkembangan era digital. Pengembangan kawasan transmigrasi dilakukan dengan kolaborasi antar pemangku kepentingan melalui sistem pentahelix yang terdiri dari pemerintah, akademisi, industri/swasta, masyarakat/komunitas, dan media. Pengembangan kawasan tersebut fokus pada peningkatan kualitas SDM pemanfaatan teknologi modern dan berkelanjutan.

Kajian ini bertujuan untuk membuat suatu rekomendasi kebijakan dengan menjawab beberapa rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana peran masyarakat yang telah terlibat dalam mendukung revitalisasi kawasan transmigrasi berbasis pentahelix di Kawasan Transmigrasi Mutiara; (2) bagaimana peluang dan tantangan masyarakat dalam perannya pada revitalisasi kawasan transmigrasi berbasis pentahelix di Kawasan Transmigrasi Mutiara; dan (3) apa saja rekomendasi kebijakan terkait peran masyarakat dalam mendukung revitalisasi kawasan transmigrasi berbasis pentahelix.

Kajian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan pada kajian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi lapang, wawancara dengan kuesioner, dan dokumentasi. Adapun informan yang disasar adalah transmigran dan nontransmigran yang bermukim serta diantara mereka terdapat pula tokoh masyarakat. Data sekunder yang digunakan adalah data dari dokumen dan literatur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

15/12/2023

Cara Mengutip

Jumiatun, Ihsan, M., Jaenudin, Kusumawardani, E. P., Sentosa, A., Putri, F. Y. N. F., & Muttaqin, A. I. (2023). Peran Masyarakat dalam Mendukung Revitalisasi Kawasan Transmigrasi Berbasis Pentahelix. Policy Paper Desa, Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi, 1(1), 53–78. Diambil dari https://ejournal.kemendesa.go.id/index.php/policypaper/article/view/16

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama